#TBSFightForSisterhood, Gerakan Untuk Menghapus Kekerasan Seksual 2
lifestyle

#TBSFightForSisterhood: Cerita The Body Shop Dalam Mengawal Pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

Siapa yang tak kenal merek kecantikan asal Britania Raya, The Body Shop? Tak selalu tentang pemasaran produk, merek kecantikan asal Britania Raya ini juga peduli tentang isu-isu sosial. Sejak Anita Roddick mendirikan The Body Shop tahun 1976, The Body Shop berkomitmen untuk memperjuangkan kesetaraan dan mereka sangat yakin bahwa kesetaraan menguntungkan semua orang. The Body Shop berkomitmen untuk mendorong self-love dan body acceptance. Melalui aktivisme, The Body Shop berkampanye untuk menjadikan dunia tempat yang adil dan aman bagi perempuan.

Salah satu isu sosial yang saat ini sedang dikampanyekan, yaitu Stop Sexual Violance. Di mana isu mengenai kekerasan seksual ini penting untuk dikampanyekan karena Indonesia sudah darurat kekerasan seksual. Kampanye Stop Sexual Violance yang telah berlangsung sejak November 2020 ini bekerjasama dengan berbagai pihak, yaitu Yayasan Pulih, Magdalene, Makassar International Writers Festival, serta beberapa Key Opinion Leaders (KOL).

Masuknya RUU Penghapusan Kekerasan Seksual dalam Prolegnas DPR RI 2021, menjadi kesempatan untuk kembali mendorong disahkannya RUU ini menjadi Undang-Undang. Bersama FJPI, The Body Shop mengadakan jurnalis workshop dengan tema “Indonesia Darurat Kekerasan Seksual dan Pentingnya Pengesahan RUU PKS untuk Melindungi Warga Negara Indonesia Dari Kekerasan Seksual”.

Di mana workshop ini bertujuan untuk mengedukasi jurnalis soal isu kekerasan seksual secara mendalam serta melibatkan jurnalis Indonesia dalam gerakan #TBSFightForSisterhood untuk mengawal RUU Penghapusan Kekerasan Seksual agar segera disahkan. Dalam workshop ini menghadirkan narasumber yang berkompeten dalam bidangnya untuk memberikan edukasi dan pandangan kenapa RUU Penghapusan Seksual ini harus segera disahkan.

#TBSFightForSisterHood

img source: The Body Shop

Merupakan gerakan solidaritas antar perempuan terbesar di Indonesia yang digalang untuk menghapus kekerasan seksual, terutama terhadap kaum perempuan yang mayoritas menjadi korban. Gerakan ini memiliki tujuan utama mendorong pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual menjadi Undang – Undang.

Baca Juga: Lawan Kekerasan Seksual Dengan Mensahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual!

Mari Dukung Pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual Untuk Lindungi Warga Indonesia (2)
img source: https://www.kibrispdr.org/

Seperti yang telah diketahui, RUU Penghapusan Kekerasan Seksual ini dibuat untuk melawan dan meminimalisir terjadinya kekerasan seksual. Ada dua poin mengapa penting sekali untuk mendukung pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual, diantaranya:

  1. Mendukung dan membantu para perempuan untuk berada di lingkungan yang aman dan bebas kekerasan
  2. Agar seluruh masyarakat (tidak hanya perempuan) mendapat perlindungan hukum dan terhindar dari victimization

Oleh karenanya, tak hanya peran jurnalis Indonesia yang diperlukan untuk mendorong pengesahan RUU ini. Tapi, diperlukan juga dukungan dari semua pihak. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mendukung kampanye ini, yaitu:

  1. Tanda tangani petisi melalui laman https://www.tbsfightforsisterhood.co.id/ yang akan diserahkan ke DPR RI
  2. Donasi untuk psikoedukasi dan layanan konseling melalui donasi kasir

Ingat! Kekerasan seksual terjadi di sekitar kita, oleh karena itu dibutuhkan payung hukum khusus untuk menanganinya. Hal sederhana yang kita lakukan bisa membantu para korban untuk mendapatkan keadilan. Jadi, jangan diam dan tutup mata, mari ambil bagian dalam melawan kekerasan seksual di Indonesia!

Annisa P Putri

Comments

Siska
March 31, 2021 at 2:27 pm

Kenapa aku baca TBS jadi BTS sih.. haha.. KPop aja sih pikirannya. Setuju kak, harus ada payung hukumnya, biar pada jera pelakunya



March 31, 2021 at 5:14 pm

btw thanks mba infonya, mo ikutan ttd petisinya juga



April 1, 2021 at 6:37 am

Keren banget yaa programny The Body Shop. Memang CSRnya TBS ini konsisten pada women empowerment. Semoga RUU Penghapusan Kekerasan Seksual bisa cepat disahkan. Aamiin.



April 2, 2021 at 12:40 pm

Done isi petisi nya. Semoga diberikan hasil yang terbaik untuk seluruh wanita khususnya di Indonesia. Biar gak ada lagi berita pelecehan tapi korban yang kena bully dan kena imbas negatifnya.



April 3, 2021 at 8:39 am

Wah keren banget campaignnya The Body Shop.. Emang kekerasan seksual itu masih di pandang sebelah mata.. Kita sbg wanita harus bs strong..



April 3, 2021 at 3:26 pm

Done isi petisi. Semoga segera disahkan RUUnya supaya kita bisa merasa lebih aman.



April 4, 2021 at 4:38 am

Tbs selain produk terkenal yg bagus ternyT keren juga bisa bikin campaign yg notabennya sudah berdampak di negara kita juga. Harus di bantu follow up sih supaya tidak lagi diabaikan dan dipandang sebelah mata



April 5, 2021 at 3:30 am

Wh bagus kempennya nih mbak. Mau ikutan menandatangani aah.
Memang harus banget nih kita bantuin sesama perempuan untuk mendapatkan kebebasan berkekspresi termasuk berani speak up kalau ada yg macem sama kita ya



April 5, 2021 at 7:53 am

Masalah tentang sexual harassment memang masih terkesan tabu untuk diperjuangakan yaa.. Semoga Campaign dari TBS ini bisa membantu temen-temen yang lagi berjuang untuk mendapatkan keadilan dan hak nya..



Iis Sumarni
April 5, 2021 at 1:12 pm

Makasih buat infonya, mbak. Baru tahu soal TBS yang mendukung Pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual



April 5, 2021 at 1:38 pm

Brand skincare kesayanganku ini emang selalu kece campaign-nya. Aku dukung banget nih, langsung mau ttd petisinya. Demi menciptakan rasa aman dan nyaman buat perempuan-perempuan Indonesia.



April 5, 2021 at 2:26 pm

Honestly aku beneran baru tahu TBS berdiri tahun 1976 wow lama yaa nyaris seusia ibuku.

Yang aku suka TBS itu concern soal isu lingkungan dan ternyata isu sosial juga ya



Fenni Bungsu
April 6, 2021 at 8:51 am

Daku sangat mendukung ini, agar tidak lagi ada terjadi kekerasan seksual ya baik kepada perempuan maupun anak-anak



April 8, 2021 at 2:35 pm

Keren ya gerakannya TBS ini. Aku sebagai perempuan tentunya mendukung gerakan ini. Semoga gerakan ini bisa membuahkan hasil yang baik untuk kita semua.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *