Cerita Dibalik Nama “Annisa P Putri” #BPNRamadan2021
BPN Ramadan 2021

Cerita Dibalik Nama “Annisa P Putri”

Ketika terjun ke dunia blogging beberapa tahun lalu, yang saya pikirkan pertama kali adalah nama. Nama? Iya nama yang akan saya gunakan di blog. Nama yang akan jadi identitas saya di blog, yang akan selalu mengingatkan saya alasan kenapa saya membuat blog ini. Saya selalu menyisipkan nama di akhir tulisan saya, kalau teman-teman membaca postingan saya pertama kali kalian tahu pasti sadar ada perubahan nama dengan postingan saya sekarang. Nah, perubahan nama itu bukanlah karena bosan atau apa, tapi karena ada yang memberikan saya masukan hingga akhirnya saya merubah nama.

Sebelum “Annisa P Putri”

Sebelum menggunakan nama “Annisa P Putri”, saya menggunakan nama “Achan”. Achan merupakan nama panggilan teman-teman saya semasa kuliah. Sebenarnya nama itu adalah nama singkatan. Kalian bisa menebak berapa banyak nama “Annisa” di wilayah kalian? Buanyak banget. Saat itu di kelas saya ada 2 orang mahasiswi dengan nama “Annisa” juga, total tiga orang dengan saya. Kebayang dong bingungnya kalau nama “Annisa” dipanggil. Akhirnya untuk membedakan, teman saya memberikan nama panggilan, yaitu Achan. Di mana “A” dari Annisa dan “Chan” merupakan panggilan dalam bahasa Jepang karena kebetulan saya yang paling muda diantara “Annisa” yang lain. Sampai akhirnya nama yang teringat saat saya mulai fokus di dunia blogging ya nama tersebut.

Kenapa Berubah?

Nama lengkap saya Annisa Pramoedita Putri Susanto. Susanto adalah nama keluarga. Seseorang mengatakan bahwa nama yang diberikan oleh orang tua itu memiliki makna dan harapan di dalamnya. Nama saya sendiri tentunya memiliki makna dan harapan yang baik dari orang tua saya. Ketika saya tanya ke ibu saya makna dari nama Annisa Pramoedita sendiri, beliau bilang artinya perempuan yang pandai dan bijaksana. Lalu, saya tanya tentang harapan di dalam nama tersebut, beliau bilang berharap saya jadi anak perempuan yang Sholehah dan bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Saya pun ingin blog saya ini dapat bermanfaat untuk orang banyak melalui tulisan yang saya tulis. Dan saya juga ingin bahwa orang lain mengenal saya lewat nama yang diberikan orang tua saya. Oleh karena itu, dibanding saya menggunakan nama panggilan yang diberikan teman saya, saya memilih menggunakan nama asli saya di blog. Jadi, nama Annisa P Putri merupakan singkatan dari Annisa Pramoedita Putri. Simple dan terkesan pasaran mungkin, tapi berkesan buat saya.

Annisa P Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *