Kenapa Jadi Blogger: Sebuah Cerita Singkat di #BPNRamadan2021 Day 2
BPN Ramadan 2021

Sebuah Cerita Perjalanan Awal Mula Blog www.annisaputri.com

Kenapa jadi blogger? Apa alasan mulai ngeblog?

Kira-kira pertanyaan seperti itu sudah khatam di ingatan saya. Bahkan untuk menjawabnya saja sudah seperti rekaman radio, tanpa berpikir lagi. Dari dulu saya senang membaca, entah membaca buku cerita anak-anak, majalah, komik, novel, bahkan sastra. Saya masih ingat buku tertebal pertama yang saya baca, TAIKO karya Eiji Yoshikawa. Dengan 1142 halaman saya bisa menyelesaikan dalam waktu kurang dari 1 minggu. Sampai suatu ketika saya diminta oleh guru untuk membaca sebuah buku dan merangkumnya, saya pun bisa melakukannya dalam waktu singkat. Ternyata setelah melalui beberapa tes saya memiliki bakat menganalisa yang baik dalam tulisan. Dengan karakter saya yang pendiam, saya pun mulai mengasah kemampuan saya untuk menuangkan ide melalui tulisan. Sejak saat itu, menulis jadi bagian dari hidup saya.

Jika ditanya tentang blog, sejak kapan dan mengapa tentu saja dengan jaman yang semakin canggih saya tak mungkin hanya menulis di microsoft word atau di buku harian saya saja. Saya mau semua orang melihat dan membaca apa yang saya tulis, karena dengan menulis saya bisa mengutarakan pendapat saya. Klise bukan?

Kapan Mulai Ngeblog?

Awal mulai saya ngeblog itu di tahun 2012. Saat itu saya iseng membuat sebuah blog karena saat itu yang saya tahu bloglah yang menghubungkan saya dengan orang lain di luar sana. Bagaimana dengan sosial media? Saya termasuk orang yang takut bermain sosial media. Intinya saya takut sosial media mempengaruhi psikis saya.

Di tahun 2012 itu, saya masih awam mengenai perbloggeran, bahkan saya tidak tahu apa itu niche. Yang saya tahu saya senang menulis dan saya ingin orang lain itu mendapat informasi bahkan terinspirasi dari tulisan saya. Akhirnya blog tersebut saya isi banyak hal, mulai dari berita-berita informatif pada masanya, pengalaman saya, bahkan curahan hati saya tulis di sana. Sayangnya, sulit bagi saya membagi waktu dengan kehidupan sehari-hari karena saat itu saya masih duduk di bangku sekolah. Akhirnya blog tersebut pun terbengkalai. Saya pun memilih berkontribusi di salah satu portal berita yang menyediakan informasi tentang Jepang sambil menggali dan mengasah seputar teknik menulis dan blogging.

Ketika masuk dunia kerja, kira-kira tahun 2015 saya mulai bisa membagi waktu. Dari semua aktivitas yang mulai saya tinggalkan, saya rindu sekali menulis di kanal pribadi saya. Saat itu saya langsung terpikirkan untuk menulis blog lagi. Di sinilah saya berpikir lebih serius tentang blogging, saya mulai memikirkan apa yang bisa saya bagi secara konsisten dengan pembaca saya. Satu tahun saya riset untuk meyakinkan diri agar blog saya ini lebih fokus, jadi tak hanya sekedar asal tulis dan asal menuangkan pemikiran saya saja. Sampai akhirnya di tahun 2016 terciptalah www.annisaputri.com (sebelumnya www.achanjou.blogspot.com) dengan niche beauty dan lifestyle.

Kenapa beauty dan lifestyle, karena saya mau semua orang (khususnya perempuan) percaya diri dengan gaya mereka sendiri, bukan karena trend. Jadi, kalau ditanya lagi “kenapa jadi blogger” ya karena saya senang menulis. Dan saya memberikan informasi melalui tulisan dengan harapan orang lain bisa mendapatkan informasi bahkan kalau bisa terinspirasi dengan tulisan saya.

Tips dan Trick Untuk Pemula?

Saya bisa bilang, saya masih pemula di dunia perbloggeran. Jadi, untuk teman-teman yang ingin memulai terjun ke dunia blogging saya sarankan untuk mulailah dari hati. Jangan terlalu berekspektasi lebih, be yourself and be confident.

Annisa P Putri

Comments

April 16, 2021 at 9:42 am

Buset, dirimu sudah lama sekali ya ngeblognya. Dari Tahun 2012 dong 😀 senior banget ini 😀



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *