lifestyle

Jaga Imunitas Si Kecil di Masa Pandemi Dengan 5 Hal Ini

Hai! Apa kabar semuanya? Semoga semua dalam keadaan sehat ya. Kali ini aku mau sharing seputar parenting aja nih. Moms, sedih banget gak sih kalau lihat si kecil sakit? Jadi, anakku tuh usianya jalan 12 bulan dan lagi seneng – senengnya eksplore hal baru, entah main dengan mainan yang jarang dia lihat atau masukin sesuatu ke mulutnya. Jiwa sosialnya pun mulai terasah, jadi pas aku ajak keluar walaupun cuma di depan pager rumah anakku tuh mulai ngejar anak-anak komplek main. Kebayang kan gimana khawatirnya, lagi pandemi gini si kecil tingkat penasarannya juga lagi tinggi-tingginya. Sudah gitu vaksin covid19 untuk si kecil di bawah 12 tahun pun belum tersedia. Semakin perlu penjagaan ekstra bukan?

Meskipun begitu, aku gak mau juga terlalu banyak membatasi fase perkembangan dan pertumbuhan anakku. Makannya aku benar-benar menjaga imunitas anakku biar dia tidak drop. Nah, lewat tulisan ini aku mau berbagi tips gimana sih cara aku bantu jaga imunitas si kecil di masa pandemi ini. Here we go!

Tidur Cukup

Meski tampak sepele kurang tidur pada anak memicu beragam penyakit, moms. Tak hanya untuk menjaga imunitas tubuh, tidur cukup juga berperan penting dalam pertumbuhan serta perkembangannya loh! Aku tahu kok kalau anak-anak udah main tuh suka gak mau tidur. Oleh karena itu, membuat jadwal tidur cukup membantu mengatasinya. Buat jadwal sedemikian rupa agar si kecil mendapatkan tidur yang cukup dan tubuh si kecil tetap terjaga pertumbuhan dan perkembangannya, serta imunitas tubuhnya.

Lakukan Imunisasi!

Hayo, coba cek lagi kira-kira si kecil sudah mendapatkan imunisasi lengkap belum nih moms? Imunisasi bisa juga menjadi salah satu upaya untuk melindungi si kecil dari penyakit loh! Meski tak menjamin 100%, setidaknya jika sudah di imunisasi dapat meringankan efek dari suatu penyakit. Nah, kalau moms khawatir ke luar rumah untuk imunisasi si kecil, moms bisa pertimbangkan layanan drive thrue atau home service. Jadi, jangan sampai terlupakan ya!

Ciptakan Lingkungan Yang Bersih dan Nyaman

Ini wajib banget gak sih moms? Apalagi di tempat biasanya si kecil bermain. Karena daya tahan tubuh si kecil masih rentan, kebersihan dan kenyamanan akan selalu jadi satu kesatuan dan sesuatu yang penting untuk menjaga imunitas si kecil. Kalau di rumah, pastikan seluruh area yang bisa dijangkau oleh anak-anak dalam keadaan bersih ya dan pastikan aman. Kalau sedang di luar rumah, pastikan tetap patuhi protokol kesehatan.

Nutrisi Yang Tepat dan Sesuai

Kalau moms memiliki anak yang masih disusui (terutama 6 bulan pertama), yuk jaga makanan yang moms konsumsi. Supaya moms dan si kecil tetap sehat. Buat si kecil yang sudah mulai MPASI penting banget nih moms untuk menyiapkan sajian MPASI bernutrisi penuh gizi. Apa aja sih isinya? Sajian yang sesuai di dalamnya terdiri dari karbohidrat, protein (hewani dan nabati), serta sayuran dan buah. Khusus anak yang mulai MPASI moms bisa utamakan protein hewan yang tinggi zat besi dan beri lemak tambahan (bisa santan atau minyak ayam). Protein nabati, sayuran, dan buah perkenalkan secara bertahap, bukan dihilangkan ya!

Konsumsi Probiotik

Nah, yang terakhir nih dan gak kalah penting, moms bisa berikan si kecil tambahan probiotik. Kenapa? Karena 80% sistem kekebalan tubuh itu ya di saluran pencernaan. Dan dari beberapa webinar yang aku ikuti serta jurnal yang ku baca, probiotik ini mampu menjaga kesehatan saluran cerna dan mengoptimalkannya. Kalau saluran cerna baik, otomatis imunitas akan meningkat. Probiotik yang anakku konsumsi saat ini ada dari Kalbe Farma, yaitu Liprolac Baby. Liprolac sendiri ini ada dua jenis, yaitu Liprolac Baby (0-2 tahun) dan Liprolac Kids (2 tahun ke atas). Cara konsumsinya pun mudah, bisa diberikan langsung atau bisa dicampur ke makanan. Produk ini bisa didapatkan di Shopee Kalbe Farma Official (bit.ly/liprolac-kids dan bit.ly/liprolac-baby) atau melalui website Kalcare (www.kalcare.com).

Baca Juga: Apa Itu Liprolac dan Bagaimana Aturan Konsumsinya?

Oke! Itu dia 5 tips dari aku yang mungkin bisa bantu moms semua untuk meningkatkan dan jaga imunitas si kecil. Oh iya, satu lagi moms juga bisa ajak si kecil olahraga bersama loh.

Semoga membantu!

Comments

November 2, 2021 at 5:52 pm

Ternyata sebegitu pengaruhnya ya kesehatan saluran cerna ke kekebalan tubuh anak sampai dengan dewasa. Tertarik mencoba juga setelah baca sharing influencer tempo hari, tapi masih maju mundur. Makasih sudah share ya, Mba, jadi bahan pertimbangan juga nih.



November 4, 2021 at 3:55 am

Baru tahu ada merk probiotik tambahan ini.. kalau dari kalbe mah udah nggak perlu ragu lagi ya kualitasnya



November 5, 2021 at 10:35 am

Masya Allah penting banet nih, selain asupan nutrisi yang sempurna, juga perlu tambahan vitamin yang tepat ya mbak. Ngerasain banget lai musim pancaroba gini juga, badan jadi gampang drop deh 🙁



November 7, 2021 at 3:34 am

Konsumsi probiotik nih yg kurang diperhatikan sama ibu2 ya untuk anak2nya. Penting bgt nih, apalagi kondisi masih pandemi yg belum dikatakan hilang 100%.



November 9, 2021 at 6:59 am

yes, asupan probiotik pada anak terutama anak balita dan batita wajib diperhatikan sejak dini, agar tumbuh kembang anak optimal



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *