lifestyle

Cegah Kerusakan Gigi Sejak Dini Bersama Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste

Hai Moms! Bagaimana kabar mom dan si kecil? Semoga moms dan keluarga dalam keadaan sehat ya. Postingan kali ini aku masih mau sharing tentang parenting nih. Jadi, beberapa waktu lalu aku posting di Instagram waktu aku ajarin Mahesa sikat gigi pakai pasta gigi dari Motherlove, yaitu Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste (nanti aku share postingannya ya).

Nah, disitu cukup banyak yang bilang:
“Kok, udah sikat gigi aja?”
“Loh udah pakai pasta gigi? Emang gak takut tertelan?”

Oke, aku mau kasih sedikit pencerahan nih mom, sebenarnya kapan sih sebaiknya waktu pertama anak mulai sikat gigi? Simak di bawah ini ya!

Pentingnya Sikat Gigi Sejak Dini

Berdasarkan dari beberapa webinar dengan dokter gigi yang aku ikuti, mereka sepakat bahwa menyikat gigi itu sebaiknya dimulai sejak gigi pertama anak tumbuh. Karena ternyata fakta menjelaskan bahwa 8 dari 10 anak, usia 3-4 tahun di Indonesia, mengalami karies gigi. Karies atau yang sering disebut gigi berlubang adalah proses terjadi kerusakan secara bertahap pada lapisan enamel lapisan terluar gigi yang disebabkan oleh plak. Dimana kalau gigi berlubang dibiarkan akan menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan lain. Contohnya, pertumbuhan gigi kurang baik, susah makan, dan pastinya anak rewel karena giginya sakit. Kebayang gak sih moms? Kita aja yang orang dewasa kalo lagi sakit gigi bawaannya marah-marah mulu dan emang susah banget nahan sakit gigi tuh. Gimana anak kecil?

Oleh karena itu, aku mengikuti anjuran untuk memulai sikat gigi sedari dini. Supaya aku bisa mencegah anakku terkena masalah gigi ke depannya. Karena aku tahu rasanya sakit gigi tuh gak enak banget. Nah, kalau sebelum tumbuh gigi, aku membersihkan area mulut Mahesa dengan kasa dan air hangat saja, ketika sudah tumbuh gigi tidak bisa lagi. Aku perlu sikat dan pasta gigi yang tepat untuk merawat gigi anakku, terutama untuk anak di bawah 2 tahun.

Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste

Gigi pertama Mahesa muncul saat usia 7 bulan. Sebelum memulai MPASI aku sudah mulai melakukan “riset” kecil, kira-kira pasta gigi apa yang cocok untuk anak yang belum bisa meludah sendiri. Karena setahuku pasta gigi berfluoride tidak disarankan untuk anak yang belum bisa meludah (biasanya usia <3 tahun). Sebenarnya, Fluoride baik untuk gigi tapi jika tertelan secara terus menerus tentunya juga ada dampak negatifnya. Oleh karena itu, aku benar-benar selektif mencari pasta gigi yang “aman” apabila tertelan. Salah satu kandungan yang disarankan, yaitu xylitol. Tapi, American Pediatric Dentistry tahun 2020 menyampaikan bahwa penggunaan xylitol saja tidak cukup untuk memperkuat lapisan enamel (terluar gigi) dan mencegah karies. Makin pusinglah ibu ini, mau cari pasta gigi yang bagaimana?

Sampai akhirnya aku ketemu sama Motherlove Babies & Toddlers Toothpaste. Pasta gigi ini memiliki kandungan utama, yaitu:

  • Hydroxyapatite (HAP): Memperkuat lapisan enamel gigi dan membantu pertumbuhan gigi yang optimal.
  • Xylitol: Melindungi gigi dari karies dan plak, karena menekan bakteri.
  • Aloe Vera Organik: Berfungsi secara lembut dan alami menjaga kesehatan gusi dan membantu menenangkan gusi saat gigi baru tumbuh.

Selain itu, produk ini diformulasikan untuk bayi dan anak-anak sehingga aman jika tertelan dan aman digunakan sejak gigi pertama tumbuh. Pasta gigi ini juga sudah tersertifikasi halal MUI. Fun fact lainnya adalah 95%-98% lapisan terluar gigi terdiri dari kristal hidroksiapatit, yaitu mineral kalsium yang terbentuk secara alami. Sehingga, menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung hidroksiapatit, mampu menjaga lapisan terluar gigi untuk tetap kuat dan terhindar dari karies gigi. Motherlove Babies & Toddlers ini memiliki 2 pilihan rasa, yaitu French Vanilla dan Strawberry. Saat ini, Mahesa lagi pakai yang varian strawberry.

Mahesa and His Toothpaste

Sambil cerita tentang keseharian Mahesa menyikat gigi, aku review tipis-tipis ya pasta gigi dari Motherlove ini. Aku memperkenalkan “ritual” sikat gigi ke Mahesa itu ketika dia mulai masuk MPASI (usia 6 bulan). Waktu awal-awal, aku ajarin pagi-sore aja dan tanpa pasta gigi, soalnya masih “riset” tentang pasta gigi. Setelah memutuskan beli pasta gigi dari Motherlove, aku mulai intens ajarinnya. Sekarang dia sikat gigi bisa 3-4x sehari (pokoknya tiap habis makan makanan utama sama sebelum tidur).

Mahesa pakai pasta gigi dari Motherlove yang varian Strawberry. Pasta gigi ini teksturnya gel tapi agak pekat (?) berwarna bening. Jadi, bukan kayak pasta gigi orang dewasa yang warnanya putih. Aku kira sebelumnya karena pakai yang strawberry warnanya akan merah muda. Nah, kalo aromanya sendiri, pasta gigi ini sudah jelas punya aroma strawberry. Tapi, tidak sekuat itu aromanya. Busanya pun sedikit, sedikit banget malah menurutku. Dan tidak berasa. Kok tahu? Ya sebelum anakku pakai, Ibunya sudah cobain duluan. Kalo dari kemasan, pasta gigi ini memiliki kemasan tube dengan warna pink untuk varian strawberry dan krem (atau lebih ke kuning) untuk varian french vanilla.

Untuk aturan penggunaanya, Mahesa pakai hanya sebutir beras tiap kali sikat gigi. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah, yaitu dengan melakukan gerakan melingkar selama kurang lebih 2-3 menit setelah makan. Lumayan effort emang sih tiap habis makan sikat gigi, tapi kan demi kesehatan gigi anak jadi ya perlu effort. Meski gak langsung terlihat hasilnya, setidaknya kita berusaha yang terbaik bukan?

Nah, kalau mom masih penasaran nih sama pasta giginya Motherlove, mom bisa intip-intip website mereka di https://motherlove.id/. Tapi, kalau udah mantep nih mau beli pasta gigi mereka, mom bisa dapatkan produk ini di E-commerce (Tokopedia, Lazada, JD.ID, Blibli, dan Shopee), Modern Store (Kemchicks, Aeon, Watsons, Viva Health, Boots) atau mom bisa hubungi stockist Motherlove yang tersedia di kota Mom.

Semoga info kali ini bermanfaat dan bisa membantu ya!

Comments

November 27, 2021 at 10:24 am

sedih banget dan nyesel kalau lihat anak karies. anak kedua aku nih ngalamin karies. emang, sulit nggak sulit sikat gigi anak ini sudah wajib hukumnya ya dari mereka belum tumbuh gigi pun. biar giginya tumbuh dengan sehat dan cantik.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *