Saturday, November 19, 2016

Be Smart Blogger With A Smartphone

 
Di zaman yang sudah semakin canggih ini handphone telah menjadi salah satu bagian kebutuhan setiap orang. Dari yang muda sampai orang tua. Kalau dulu handphone hanya bisa untuk telepon dan sms, saat ini handphone telah memiliki banyak fitur yang cukup canggih untuk menghandle kegiatan kita sehari - hari. Dan handphone ini biasa kita sebut Smartphone. Smartphone membantu kita mendapatkan informasi dengan sangat mudah, yap bahkan ketika kita menggunakan Smartphone dunia seakan ada di genggaman kita. Kenapa aku bilang gitu? ya yang pasti sih temen - temen udah pada tau ya karena dengan smartphone kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Nah, kalau buat aku pribadi smartphone udah kayak temen baik aku banget deh ya macem soulmate gitu deh, kemana - mana pasti ngikut haha. Dengan profesiku sebagai blogger (ya walaupun masih newbie sih) aku dituntut untuk selalu konsisten dengan blog ku. Tapi sedihnya aku juga gabisa sering - sering buka laptop karena aktivitas ku yang juga sebagai mahasiswi dan di semester yang lagi padat - padat nya ini waktuku jadi habis di kampus dari pagi sampai sore dari senin sampai jumat. Selain itu ribet banget kan kalo pas dapet ide musti buka laptop dulu, sedangkan menulis itu idenya hilang pergi, kadang juga ngalamin writer's block . Bisa sih di tulis di kertas dulu tapi... kok ga efesien banget ya. That why smartphone menjadi salah satu solusi agar blog ku juga gak terbengkalai. Loh kok bisa? apa hubungannya smartphone dengan blog ? iya dong seperti yang aku bilang di zaman yang udah semakin canggih ini kita bisa lakuin apa aja dengan smartphone termasuk nulis blog, jadi lebih praktis dan bermanfaat kan, bermanfaat untuk kita sendiri dan untuk orang lain hehe. Makannya dalam memilih smartphone aku juga gamau asal pilih, jangan sampai hanya karena terbawa trend kita jadi asal beli tapi ternyata ga sesuai dengan yang kita butuhkan, kan sayang banget uangnya hehe mending dipake buat hal penting lainnya.
Nah, di kesempatan kali ini aku mau share apa aja sih yang perlu, kudu, dan wajib diperhatikan dalam pemilihan smartphone sehingga mampu menunjang kegiatan kita sehari - hari. Dan kriteria ini juga yang membantu ku untuk memaksimalkan kegiatan ku sebagai blogger. Kali ini aku ambil contoh vendor smartphone dari negeri gingseng, ituloh merk dagang yang mampu mengalahkan apple di pasar smartphone kuartal pertama tahun 2016, yap SAMSUNG.
 
Di tahun 2016 ini Samsung juga merilis produk terbaru yaitu Samsung J5 (2016) dan Samsung J7 (2016) , keduanya merupakan inovasi dari seri Samsung J5 dan Samsung J7 yang ada sebelumnya. Setelah mencari info sana sini mulai dari artikel, YouTube, main ke Samsung Experience Store sampe otak atik Smartphone temen yang punya salah satu seri di atas, menurutku 2 tipe Samsung dari Seri J ini sudah cukup mampu untuk menunjang kegiatan sehari - hari dengan maksimal sebagai mahasiswi maupun blogger. You sure? yes, i'am so serious? Why? Let's Check for more answer....
 
 
1. Prosesor
Pada Samsung Galaxy J5 Prosesor atau CPU dibekali Quadcore 1.2 Ghz dan Galaxy J7 dibekali Octacore 1.6 Ghz, itu artinya dalam segi prosesor smartphone ini sudah memiliki performa yang baik karena sebuah gadget dapat dikatakan memiliki performa yang cukup baik bila memiliki CPU paling tidak 1 Ghz. Buatku prosesor adalah penentu utama dalam memilih smartphone. Karena kecepatan prosesor memilik pengaruh yang cukup besar terhadap kinerja dan kecepatan smartphone. Aku pernah baca dengan kecepatan prosesor yang tinggi dan memiliki banyak inti core dapat dipastikan memiliki performa multitasking perangkat yang baik dan mampu menjalankan semua tugas dengan lancar.
 
2. Memori Internal
Memori internal adalah bagian kedua yang menjadi penentu ku saat memilih Smartphone. Karena kalau memori Internal kecil kita tidak dapat banyak menginstal aplikasi, dan kalau dipaksakan maka akan mengakibatkan performa  Smartphone menjadi menurun ya setelah itu tau sendiri lah apa yang terjadi kita si pengguna jadi naik darah karena mau instal ini gak bisa itu gak bisa harus hapus aplikasi yang satu dan seterusnya. Nah untuk lebih aman memori internal ini setidaknya memiliki kapasitas 8 Gb dengan asumsi 50% : 50 % (50 % untuk sistem operasi dan aplikasi , sisanya memori telepon untuk menyimpan data). Nah kalau di Samsung Galaxy J5 dan J6 mereka di bekali memori internal atau ROM sebesar 16 GB dan didukung dengan memori eksternal sampai 128 GB loh, bukan cuma bisa nampung aplikasi lagi itu mah hehe mau foto dan video buat stock foto instagram juga bisa hehe.
 
Beberapa aplikasi penunjang Blogging
 
3. RAM
Oke lanjut ke bagian ketiga yaitu RAM , RAM ini dapat dikatakan sebagai pendukung kinerja sang prosesor agar lebih baik lagi. Kenapa? karena ketika kita sedang menjalankan aplikasi secara otomatis file cache akan di simpan di dalam RAM. Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, smartphone akan lebih optimal dalam menjalankan aplikasi dalam waktu bersamaan. Jadi gak ada kata 'hang' atau 'eror' lagi. Nah kalau temen - temen tau Samsung Galaxy J5 dan J7 ini dibekali RAM sebesar 2 GB loh. So, jangan takut eror pas lagi pakai smartphone besutan Samsung ini.
 
4. Kamera
 

 
Dan ini yang paling ditunggu - tunggu, sebagai blogger gak sah kalau isi post nya gak ada gambarnya haha , entah kenapa ada yang kurang aja gitu. Nah kalau udah bahas soal gambar pasti berhubungan sama kamera, untuk menghasilkan gambar yang bagus rata - rata stigma kita yaitu  harus memiliki kamera yang bagus macem dslr atau yang lagi hits banget sekarang mirorles tapi balik lagi ya apa daya saya sebagai anak kuliahan harus nabung banget beli kamera begituan, selain harganya gak murah, dslr berat dibawa kemana - kemana. Sedih kalau ada yang bilang 'ya modal untuk lebih baik kan gapapa' , iya tau kok kita orang kan juga mau maju tapi punyanya cuma smartphone jadi memanfaatkan yang ada yang penting tau tekniknya hehe. Nah setelah belajar lagi tentang fotografi dari temen - temen yang udah pro dibidang ini ternyata foto pakai smartphone ga buruk - buruk banget kok tentunya pakai kamera smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni ya hehe. Di Samsung Galaxy J5 dan J7 memiliki kamera depan dengan resolusi 5 MP dan yang bagian belakang 13 MP, selain itu pada Samsung Galaxy J5 dan J7 juga dilengakapi 4 fitur canggih pada kamera nya yaitu Front Flash , Palm Selfie , Beauty Mode , Wide Selfie , nah maksudnya apa? jadi dengan Smartphone ini kita dapat mengambil foto dengan latar belakang yang lebih luas, terus ada flash nya juga di bagian depan selain itu pas selfie gak perlu deh tekan tombol kamera cukup gunakan Palm Recognition saja. Oiya pada Samsung seri ini kamera depan maupun belakang juga di lengkapi dengan lensa F/1.9 itu artinya kamera mampu menangkap gambar dengan cepat dan menghasilkan gambar yang jelas walaupun di tempat yang gelap atau kurang pencahayaan. Bisa puas jepret foto maupun vlog hehee.
 
 
5. Baterai
 
 
Karena sebagian besar kegiatan aku di bantu oleh smartphone aku membutuhkan smartphone dengan kapasitas yang cukup besar. Di zaman sekarang memang sudah ada power bank tapi entah kenapa ya repot aja gitu bawa - bawa power bank jujur ya kemana - mana aku lebih pilih bawa chargeran dibanding power bank tapi itu juga gaak efesien karena gak semua tempat menyediakan stop kontak. Well setelah tanya - tanya ternyata Samsung Galaxy J5 memiliki baterai ber-kapasitas 3100 mAh dan Galaxy J7 memiliki kapasitas baterai 3300 mAh, keduanya dilengkapi Ultra Power Saving Mode jadi kita gak perlu takut lagi Smartphone kita tewas seketika pas lagi dibutuhin.
 
6. Sistem Operasi

 
Kalau dari segi OS ini sih pendapat orang mungkin beda ya tapi kalau aku lebih memilih OS dengan versi teranyar alias terbaru, kenapa? ya karena dari sisi UI (user interface) lebih enak di liat, lebih stabil, dan lebih aman. Kalau gak salah Samsung Galaxy J5 dan J7 ini sudah bisa menggunakan OS Android versi 6.0.1 atau Marshmallow.
 
7. Display

Samsung Galaxy J5
Samsung Galaxy J7

Sebagai blogger yang melakukan pekerjaanya menggunakan smartphone, Display menjadi bagian terpenting juga loh. Kalau bicara soal itu artinya bicara soal layar. Dari segi layar yang perlu diperhatikan yaitu ukuran dan resolusinya. Namanya ngerjain tugas di smartphone ya enaknya di layar yang besar. layar yang besar harus didukung dengan resolusi yang mumpuni juga jangan cuma layar besar aja tapi kualitas yang di hasilkan malah buat sakit mata. But don't worry, kalau Samsung Galaxy J5 ini memiliki ukuran layar 5.2 inch sedangkan Galaxy J7 memiliki ukuran layar yang lebih besar yaitu 5.5 inch nah keduanya memiliki resolusi 1280 x 720 ppi (HD) dengan type layar Super AMOLED. Dengan ukuran dan resolusi seperti itu maka layar akan terlihat tajam dan jernih dan yang pasti gak buat sakit mata hehe.
 
8. Desain



Desain oh desain hmmm kalau desain mah selera masing - masing kali ya. Kalau aku sih yang pasti yang enak di liat dan pas di genggaman kita. Karena fungsi pertama Smartphone yaitu Gaya dulu baru deh dibelakangnya ada lain - lainnya hehe tentunya masih sesuai kebutuhan. Nah khusus Samsung Galaxy J5 dan J7 ini desainnya berupa bingkai logam yang sudah terintegrasi dengan bodi jadi memberikan kesan elegan selain itu juga tak mudah terkelupas loh. Dari segi dimensi tentunya Samsung Galaxy J7 terlihat lebih besar dibanding J5 tapi masih dapat dibilang normal kok hehe.
 
9. Jaringan
 
Jaringan juga menjadi pendukung dari semua komponen yang ada loh. Sekarang kan udah zamannya pakai jaringan 4G tuh yang katanya bisa lebih cepat dari jaringan sebelumnya tapi ya gitu deh penyebarannya memang masih belum merata untuk beberapa operator, well gak masalah yang penting itu Smartphone kita mendukung dulu. Di Samsung Galaxy J5 dan J7 ini temen -temen gak perlu khawatir karena selain dilengkapi dual sim atau 2 kartu, Smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan jaringan 4G atau biasa kita sering denger LTE. Jadi mau post blog, upload foto atau video bisa juga dilakukan tanpa harus menunggu lama. Tapi yang paling penting pastikan kuota kalian cukup ya hehee
 
# INFORMASI ++ #
 
Nah 9 hal diatas adalah beberapa kriteria yang membantuku memaksimalkan kegiatan ku sebagai blogger yang ternyata dimiliki oleh Samsung Galaxy J5 dan J7 . Tapi masih ada lagi kok beberapa keunggulan yang dimiliki si Samsung Galaxy J5 dan J7 ini selain 9 hal di atas, nah langsung simak aja nih. Samsung Galaxy J5 dan J7 memiliki ;
 
 
1. Fitur Smart Manager yang mampu memantau informasi baterai, status penyimpanan,  status memori dan keamanan dalam satu posisi dimanapun dan kapanpun.
2. NFC connectivity, itu loh yang kayak T-Cash atau Flazz. Jadi kalau punya Kartu Flazz bisa check aja via smartphone gak perlu ke atm hehe
3. USB On The Go connectivity, Jadi dari flashdisk bisa langsung ke Smartphone deh (makin simple aja)
4. Pilihan warna yang elegan
5. Dan masih banyak lagi
 
Oke sepertinya kita sudah hampir selesai hehe, setelah aku bercerita kesana kemari tentang kriteria apa aja yang membantu aku memaksimalkan smartphone sehari - hari yang ternyata dimiliki oleh Smartphone besutan Samsung ini, semoga bermanfaat. Nah sebelum menutup post ini aku mau kasih sedikit hasil jepretan si Samsung Galaxy J7 *boleh pinjem* .
 

Selfie



Back Cam


 
 
Happy Reading and See you Next Post .... :)
 
 
Achan
 
 
 
 
Note : Post ini Ditujukan untuk -> Female Daily x Samsung : Blogger competition x Samsung Galaxy J Series




 
Source :

0 comments:

Post a Comment