Saturday, September 29, 2018

[EVENT REPORT] Sukseskan UMKM Bersama Kemkominfo Dengan Memaksimalkan E-COmmerce

Howdy People!!
Welcome back to my blog😘

Postingan kali ini masih bukan tentang beauty. Hehe. Ya, mohon maap ya buk-ibuk muka saya masih proses pemulihan jadi belum bisa review-review produk beauty dulu. Tapi postingan kali ini gak kalah seru kok, so harus baca sampai selesai ya. Hehe

Sesi Foto Bersama
Tanggal 28 September 2018, aku di ajak oleh C2live untuk menghadiri forum "Belanja & Jualan Online: Murah, Cepat, dan Aman" di Plenary hall, JCC. Jadi, acara ini tuh sebenarnya merupakan sosialisasi dan edukasi untuk para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) terkait penggunaan ecommerce. Dengan adanya acara ini, diharapkan agar UMKM dapat semakin terstimulasi untuk memaksimalkan ecommerce untuk mengembangkan usaha mereka. Wah, menarik nih!
Indra Bekti, Septriani Tangkary, Agus Mulyo Pribadi

Acara ini diadakan oleh KEMKOMINFO Republik Indonesia bekerja sama dengan Deskranas (Dewan Kerajinan Nasional), Gerakan Ayo UMKM Jualan Online, serta Blibli.com. Forum ini menghadirkan Ibu Septriani Tangkary (Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian & Maritim) dan Agus Mulyo Pribadi (SME Sales Channel Blibli.com) sebagai narasumber, serta Indra Bekti sebagai mc.

Ibu Septriani sedang menyampaikan materi

Pada acara ini, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian & Maritim, Ibu Septriana Tangkary mengatakan :
“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 61.41%, dengan jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta unit. Namun, baru sekitar 8% atau baru sebanyak 3,79 juta pelaku UMKM yang telah memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya. Padahal dengan memanfaatkan teknologi ecommerce, akan semakin mudah bagi UMKM untuk berhubungan dengan pembeli di manapun mereka berada. Karena itu edukasi akan pemanfaatan teknologi penting untuk terus dipupuk, dan masyarakat harus terus diberi dorongan dan dukungan untuk terus memanfaatkan teknologi agar industri dapat terus berkembang dengan pesat. Dan salah satu usaha yang kami lakukan adalah melalui Gerakan Ayo UMKM Jualan Online”.
Kegiatan Jual-Beli di salah satu booth Kriyanusa, JCC
Ibu Septriani juga menjelaskan bahwa salah satu penyebab para pelaku UMKM enggan menggunakan ecommerce dalam kegiatan mereka, yaitu koneksi internet yang kurang memadai. Untuk mengatasi hal tersebut, Kemkominfo berusaha untuk terus meningkatkan infrastruktur melalui proyek Palapa Ring agar akses internet dapat mencapai ke seluruh Indonesia, ternmasuk Indonesia bagian Timur.

Gerakan Ayo UMKM Jualan Online Kemkominfo ini sudah berjalan di beberapa kota lho. Kemkominfo berkeliling 15 kota di Indonesia termasuk Jakarta dan mengajak beberapa narasumber untuk turut serta memberikan sosialisasi dan juga pelatihan. Jadi, tidak hanya sekedar dibantu untuk registrasi di marketplace, tapi juga diajarkan teknik foto produk yang bagus dan menarik.

Booth Batik Khas Jawa Timur
Di tahun 2020 mendatang, transaksi e-commerce di Indonesia ditargetkan mencapai US$ 130 milyar. Hal ini dapat tercapai, jika UMKM juga turut terlibat dalam membangun pasar dari sisi penyedia barang.

Salah satu produk pelaku UMKM

Pada acara ini, Bpk. Agus Mulyo Pribadi menjelaskan bahwa Blibli.com siap membantu para pelaku UMKM yang hendak memasarkan produknya di Blibli.com dengan menyediakan fasilitas seperti pelatihan rutin, gratis kemasan, gratis promosi, dan juga gratis photoshoot. Gimana seru banget kan? Untuk kalian para pelaku UMKM gak ada lagi alasan untuk mulai berjualan online.

contoh halaman khusus UMKM di website Blibli.com
Oh iya, selain hadir di forum ini aku sempat berkeliling dan melihat hasil karya para pelaku UMKM dari berbagai daerah yang hadir dan suka banget sama hasil karyanya. Salah satu booth yang aku kunjungi, yaitu UMKM asal Yogyakarta. Salah satu karyanya adalah jam tangan yang terbuat dari material kayu. Unik banget sih ini. Hehe.

Produk Jam Tangan Kayu Asal Yogyakarta
Tak hanya jam tangan ada juga kain batik dari berbagai macam daerah dengan berbagai motif dan model. Gak perlu malu pakai batik! Karena saat ini batik bisa digunakan di segala occasion, entah kamu mau kondangan atau mau main ke mall.

Salah satu motif dan modelk batik yang ada di Kriyanusa, JCC
Untuk kalian yang hobby belanja dan senang berburu barang-barang etnik seperti ini, yuk  kunjungi pameran KRIYANUSA di JCC. Pameran ini hanya berlangsung sampai Minggu, 30 September 2018. Jangan lupa beli produk dari dalam Negeri khususnya dari para UMKM ini nih, hitung-hitung ikut memajukan perekonomian Indonesia. Hehe.

Sekian post kali ini, see you next post!

Enjoy!

Annisa P Putri

0 comments:

Post a Comment