Yakin Sehat? #LetsCheckUp Sedari Dini Bersama Prodia Laboratory

Kesehatan dan kecantikan itu dua hal yang tak terpisahkan, sepakat?! Bagi kita cewe-cewe dua hal itu harus berjalan beriringan. Kalau kecantikan bisa didapatkan dengan skincare dan pergi ke dokter kulit, kesehatan juga bisa didapatkan dengan menjaga pola hidup sehat, seperti olahraga dan makan. Tapi, sebelum itu ketahui dulu kebutuhan tubuh dengan melakukan check up.

“Eits, aku kan gak sakit apa-apa ngapain check up?”, mindset seperti ini harus dibuang jauh-jauh nih. Check up itu gak hanya buat orang sakit. Kita yang merasa “sehat” pun juga perlu check up. Nah, 20 Juli 2019, aku main ke Prodia Healthy Fun Festival 2019 di Tribeca Park, Central Park, Jakarta Barat. Di sini aku jadi tau betapa pentingnya untuk check up sedari dini. Tapi, sebelum aku bahas pentingnya check up sedari dini, aku mau cerita tentang Prodia Healthy Fun Festival 2019, boleh ya?
 
Prodia Healthy Fun Festival 2019 merupakan serangkaian acara yang diadakan oleh Prodia untuk ajak para milenial terapkan gaya hidup sehat. Acara ini berlangsung di 5 kota besar di Indonesia, yaitu Jogjakarta,, Bandung, Surabaya, Medan, dan yang terakhir Jakarta. Di Jakarta, Prodia Healthy Fun Festival 2019 mengusung tema: Back to 90’s.

Ada apa aja sih di Prodia Healthy Fun Festival 2019? Di sini kita bisa menyaksikan SKJ Competition, Bazaar, main games, check up gratis, talkshow, dan menyaksikan spesial performance dari NAIF. 

NAIF On The Stage
Nah, seperti yang aku tadi bilang di awal, dengan hadir ke acara ini aku jadi tau pentingnya untuk check up sedari dini itu melalui talkshow bersama dr. Ida Gunawan, MS SpGK(K).
Talkshow bersama dr. Ida Gunawan, MS. SpGK(K)
Dr. Ida menjelaskan bahwa check up itu gak hanya untuk orang sakit saja. Kita yang merasa “sehat” pun perlu check up, supaya kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan bisa diatasi segera. Secara garis besar, check up diperlukan untuk mengetahui kondisi seseorang. Dari yang aku simak, manfaat check up itu cukup banyak, yaitu:
  • Mencegah berkembangnya penyakit
  • Melakukan pengobatan segera
  • Mencegah/menunda komplikasi
  • Memperpanjang usia produktif
  • Meningkatkan kualitas hidup
  • Memperpanjang usia hidup
Yang menarik perhatianku adalah katanya “penyakit” yang kita hindari seperti diabetes, obesitas, dan anemia itu sekarang “senang” menyerang para milenial loh. Alasannya adalah kembali pada pola hidup temen-temen milenial sekarang. Ya, walaupun tak semua, tapi sebagian besar temen-temen milenial punya pola hidup yang buruk. Jarang olahraga, makan tidak teratur, dan kebisaan-kebiasaan lain yang memicu munculnya penyakit-penyakit ini. 

Akupun mengakui kalau pola hidupku sepertinya sangat buruk. Kemana-mana bawa kendaraan, tidur kurang, makan gak teratur dan sembarang. Makannya, dr. Ida menyampaikan untuk check up sedari dini, jangan sampai kecemplung sakit dulu baru check up. Kalau udah kayak gitu ya susah untuk diambil tindakan preventif.

Dalam talkshownya, Dr. Ida juga memberikan contoh menarik kenapa kita harus check up sedari dini. Batas gula darah normal adalah di bawah 100mg/dL, di atas 126mg/dL sudah masuk katagori diabetes (waspada). Lalu, bagaimana kalau kondisi gula darah kita ada di antara 100mg/dL dan 126mg/dL? Kondisi ini disebut pre-diabetes. Jika masih dalam kondisi pre-diabetes, masih bisa ditangani dengan melakukan diet, makan dan olahraga yang tepat.

Talkshow Bersama dr. Ida Gunawan, MS.SpGK(K)

Dr. Ida juga menjelaskan diet pun tak bisa asal-asalan, harus yang tepat agar hasilnya pun sesuai yang dibutuhkan tubuh dan keinginan kita. Di Prodia sendiri ada yang namanya diet gen atau diet sesuai gen. Hasilnya pun pasti sesuai, karena perlu dilakukan pengecekan Nutrigenomics agar diet sesuai gen ini berjalan dengan baik. Buat temen-temen yang penasaran dengan Nutrigenomics bisa langsung baca postingan aku, di sini. 

Oleh karena itu, gak cuma kecantikan yang perlu dijaga tapi juga kesehatan. Karena percuma juga kalau cantik doang tapi gak sehat, kan jadi gak bisa menikmati. Jadi, jangan tunda-tunda lagi! #LetsCheckUp mulai dari sekarang!

  Love,


Annisa P Putri 

0 Comments